Flaxseed solusi bagi kanker payudara dan kanker prostat

Penelitian menunjukkan bahwa wanita yang memiliki kadar lignan tinggi dalam tubuh mereka , yang diukur dari urin atau dengan sampel darah , memiliki tingkat penurunan kanker payudara . Lignan yang pada umumnya  terdapat dalam buah-buahan dan sayuran dan  biji rami-lah,  yang memiliki tingkat tertinggi lignan. Studi ini tidak menyebutkan nama beberapa merek tertentu untuk lignan. Beberapa studi/penelitian tersebut  menunjukkan bahwa sumber lignan berasal dari asupan makanan yang tinggi akan lignan berasal dari buah-buahan dan sayuran . Suplementasi lignan belum tentu menghasilkan hasil yang sama .

Ada penelitian yang menunjukkan lignan memiliki banyak manfaat dalam jaringan-jaringan lain dan juga untuk organ reproduksi. Dua jenis lignan Hydroxymatairesinol ( HMR ) dan secoisolariciresinol ( SDG ) adalah estrogen tumbuhan yang bisa dikonversi ke fitoestrogen mamalia.

Phytoestrogen mamalia enterodiol ( END ) dan enterolactone ( ENL ) yang diproduksi dalam usus besar oleh kegiatan bakteri pada tanaman prekursor matairesinol ( MAT ) , secoisolariciresinol ( SECO ) , glikosida  ( HMR dan SDG ) , dan prekursor lain dalam diet. Kedua END dan ENL telah terbukti memiliki aktivitas estrogenik lemah dan antiestrogenik , dan telah di pahami bahwa produksi lignan mamalia antiestrogenic yang tinggi dalam usus dapat berfungsi untuk melindungi terhadap kanker payudara pada wanita dan kanker prostat pada pria . Berbagai percobaan in vitro disarankan END dan ENL secara signifikan menghambat pertumbuhan sel tumor usus besar manusia , dan enterolactone menghambat proliferasi sel kanker payudara yang disebabkan oleh E2 . Efek protektif lignan mamalia mungkin karena kemampuan mereka untuk bersaing dengan E2 untuk reseptor estrogen tipe II , untuk menginduksi hormon seks globulin mengikat ( SHBG ) , untuk menghambat aromatase plasenta , dan bertindak sebagai antioksidan.

Bagaimana Lignan bekerja untuk mengatasi kanker payudara?, berikut keterangan singkatnya:

1. Lignan mengikat reseptor estrogen sehingga menyebabkan endogen atau estrogen terjadi secara alami pada tempat di mana ia beraksi/berkembang.

2. Lignan menginduksi Hormone Binding Globulin Sex (SHBG). Lebih banyak SHBG maka lebih banyak pula estrogen yang di ikat.

3. Lignan memiliki kandungan yang tinggi akan antioksidan. Yang tertinggi dari semua buah-buahan dan sayuran ada pada biji rami/flax seed. Antioksidan menyerang radikal bebas yang merupakan trouble maker dari beberapa jenis kanker.

4. Lignan memblokir enzim aromatase yang merupakan trouble maker dari beberapa produksi estrogen.

5. Kanker payudara sangat membutuhkan estrogen agar tetap tumbuh. Dengan estrogen berkurang, sel-sel kanker akan mulai mati.

PUBMED NLM Wang LQ..Department of Medicinal Chemistry, College of Pharmacy, University of Florida.

Advertisements
Posted in Flaxseed, Healthy, Sehat | Tagged , , , | Leave a comment

Biji Rami mengatasi gejala menopause

Dapat di katakan bahwa lignan merupakan salah satu perawatan alami yang terbaik untuk menopause. Sebagai fitoestrogen, lignan dapat mengurangi gejala menopause yang tidak nyaman. Tidak hanya sebagai salah satu solusi alami terbaik untuk hot flashes (gejala pada menopause) dan gejala yang lainnya, lignan juga efektif dalam menangani para wanita yang mengalami perimenopause, membantu dalam masalah ketidakteraturan menstruasi.  Sebelum terjadinya menopause, wanita mungkin mengalami gejala perimenopause. Perimenopause, kadang-kadang disebut sebagai premenopause, merupakan periode transisi dan dapat terjadi beberapa tahun sebelum terjadinya menopause. Dengan berjalannya waktu, ovarium seorang wanita secara bertahap akan menghasilkan estrogen yang sedikit. Lignan membantu untuk mengembalikan keseimbangan tubuh yang mengalami perubahan tersebut.

Gejala perimenopause, termasuk pula perubahan suasana hati, ketidakteraturan menstruasi, hot flashes, sulit tidur dan penurunan kesuburan. Gejala Menopause dimulai dengan penurunan produksi estrogen yang menjadi lebih besar. Gejala menopause termasuk hot flashes, berkeringat di malam hari, kelelahan, penurunan libido, kekeringan pada mulut, vagina kering dan kesulitan tidur. Juga dengan menopause di tandai dengan berhentinya menstruasi. Lignan adalah salah satu solusi alami terbaik untuk perimenopause dan menopause. Postmenopause terjadi pada tahun-tahun berikutnya menopause.

Posted in Flaxseed, Healthy, Sehat | Tagged , , | Leave a comment

Biji Rami dan Lignan

Biji rami/ flaxseed mengandung lignan, yaitu suatu zat fitokimia (dari bahan dasar tumbuhan) yang memiliki peran sebagai estrogen, mengandung antioksidan yang tinggi, dan kaya akan serat. Beberapa manfaat utama dari lignan yang terdapat pada biji rami/flaxseed untuk kesehatan adalah:

  • Kesehatan payudara
  • Kesehatan rambut
  • Kesehatan rahim
  • Kesehatan prostat
  • Kesehatan usus
  • Membantu masalah menopause
  • Membantu penyembuhan  penyakit diabetes
  • Memperbaiki sistem imune

Lignan adalah fitonutrien yang dapat membantu mengatur kadar hormon.
Lignan kaya akan antioksidan dan dapat mendukung sistem kekebalan tubuh.
Lignan dapat membantu gejala-gejala menopause.
Lignan menghambat enzim tertentu yang diperlukan dalam konversi testosteron menjadi DHT. Hasilnya adalah DHT yang lebih rendah yang dapat meningkatkan kesehatan prostat.
Lignan menghambat enzim HSD yang dapat mengurangi hormon stres kortisol.

Posted in Flaxseed, Sehat | Leave a comment

Unique Nutrient Features of Flaxseeds

The first unique feature of flax is its high omega-3 fatty acid content. Among all 127 World’s Healthiest Foods, flaxseeds comes out number one as a source of omega-3s! The primary omega-3 fatty acid found in flaxseeds is alpha-linolenic acid, or ALA. The ALA in flaxseed has found to be stable for at least 3 hours of cooking at oven temperatures (approximately 300F/150C), which makes it available after ground flaxseeds have been added to baked goods like muffins or breads.

The second unique feature of flaxseed is its lignans. Lignans are fiber-like compounds, but in addition to their fiber-like benefits, they also provide antioxidant protection due to their structure as polyphenols. The unique structure of lignans gives them a further health-supportive role to play, however, in the form of phytoestrogens. Along with isoflavones, lignans are one of the few naturally occurring compounds in food that function as weak or moderate estrogens when consumed by humans. Among all foods commonly eaten by humans, researchers rank flaxseeds as the number one source of lignans. Sesame seeds come in second, but contain only one-seventh of the total lignans as flaxseeds. To give a few further examples, sunflower seeds contain about 1/350th as many lignans, and cashews nuts contain about 1/475th as many lignans as flaxseeds.

A third unique feature of flaxseeds is their mucilage (gum) content. “Mucilage” refers to water-soluble, gel-forming fiber that can provide special support to the intestinal tract. For example, gums can help prevent the too rapid emptying of the stomach contents into the small intestine, thereby improving absorption of certain nutrients in the small intestine. Arabinoxylans and galactoxylans are included within the mucilage gums found in flaxseeds.

This combination of features—omega-3 fatty acids, high-lignan content, and mucilage gums—is a key factor in the unique health benefits of flaxseeds. The specific areas of health benefit described below all draw in some way from this unique combination of nutrients not found in other commonly eaten nuts or seeds.

Source: the world healthiest food http://www.whfoods.com

Posted in Flaxseed, Healthy | Leave a comment

Kandungan dalam tiap bagian Ikan

Ikan merupakan salah satu sumber makanan bergizi baik yang mengandung omega 3. Setiap bagian dari ikan mulai dari bagian kepala hingga jerohan memiliki nilai kandungan gizi yang sangat baik dan di butuhkan oleh tubuh kita terutama bagi anak-anak. Direktorat Jenderal Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perikanan, Kementrian Kelautan dan Perikanan, menberikan jabaran untuk mengetahui kandungan yang terdapat dalam setiap bagian dari ikan. Berikut adalah jabarannya:

  1. Kepala dan Mata
    Kepala dan mata ikan mengandung polyscharida yang berfungsi mengontrol aliran darah
  2. Duri
    Duri ikan mengandung kalsium dan kolagen yang sangat bermanfaat dalam membantu pertumbuan tulang dan gigi.
  3. Minyak Ikan
    Minyak ikan mengandung DHA (Docahexaenoic Acid) yang sangat penting dalam pertumbuhan otak serta perkembangan retina mata.
  4. Daging
    Daging ikan mengandung protein berkualitas tinggi dan vitamin yang sangat berguna untuk pertumbuhan dan ketahanan tubuh.
  5. Kulit
    Kulit ikan mengandung vitamin A dan B2 yang sangat bermanfaat untuk kesehatan mata dan kekebalan tubuh.
  6. Perut
    Lemak dalam perut ikan mengandung lemak omega 3 (EPA) yang berfungsi mencegah penyempitan pembuluh darah dan dapat menurunkan kolesterol.
Posted in Fish Oil, Sehat | Tagged , , , , | 2 Comments

Omega 3 yang terdapat dalam ikan laut dalam

Beberapa hasil penelitian di bawah ini telah mengungkapkan bahwa dengan mengkonsumsi secara teratur ikan yang mengandung Omega-3, seperti: ikan salmon, makerel, gindara dan tuna dapat mengatasi  berbagai penyakit, yaitu:

  1. Menurunkan resiko penyakit jantung 38 % dan serangan jantung 60% dibanding dengan mereka yang mengkonsumsi daging merah (sapi/ kambing/ babi). (sumber : Fish Consumption and the 30- year Risk of Fatal Myocardial Infarction,” oleh Martha L Daviglus, M.D., Ph. D., Jeremiah Stamler, M.D., Anthony J. Orencia, M.D., Ph., et al, dalam The New England Journal of Medicine 3361046-1053-April10,1997).
  2. Omega-3 dapat mencegah pembentukkan gumpalan darah. Serangan jantung umumnya terjadi sebagai akibat darah menggumpal dan bersamaan dengan menempel pada pembuluh darah menuju jantung. Omega-3 dapat menurunkan tingkat trigliserida, sejenis lemak dalam darah yang dapat meningkatkan resiko serangan jantung. Omega-3 dapat memperlambat pembentukan plaque (kerak) yang dapat mempersempit pembuluh darah menuju jantung. Untuk mendapatkan kondisi ini, disarankan untuk mengkonsumsi produk ikan 2 kali perminggu. (Catatan : Penny Kris-Ethert, Ph.D., Peneliti Penyakit Jantung, Pennsylvania State University)
  3. Anak-anak yang sering mengkonsumsi ikan lebih dari 1 kali per minggu beresiko 1/3 penyakit asma dibanding anak yang tidak mengkonsumsi ikan (Catatan : Consumtion of Oily Fish and Chidhood astma rish” oleh Linda Hodge, Cheryl M. Salome, Jennifer K. Peat, Michelle M, et al, published dalam The Medical Journal of Australia 1996; 164 137-140).
  4.  Asam lemak DHA (kelompok Omega-3) yang terdapat pada daging ikan salmon yang dikonsumsi pada usia dini berperan kritis pada pembentukkan sel-sel otak dan retina saat 3 bulan sebelum dan 3 bulan setelah proses melahirkan.(Catatan : “Essential Fatty Assets, “ by elizabeth Hiser, published in “Eating Well”).
Posted in Fish Oil, Sehat | Leave a comment

Manfaat Minyak Ikan

Kompas.com – Kaitan antara konsumsi ikan dengan tingkat kecerdasan dan juga kesehatan sudah lama dikenal. Ternyata bahan rahasia dalam ikan yang banyak berperan dalam pencegahan penyakit adalah minyak ikan.

Minyak ikan, ditemukan dalam ikan yang mengandung lemak atau pun suplemen. Lemak pada ikan berbentuk cair, karenanya disebut dengan minyak ikan.

Penelitian menunjukkan banyak manfaat minyak ikan bagi kesehatan, tetapi bukti ilmiah menunjukkan minyak ikan bermanfaat paling besar bagi kesehatan jantung.

Penelitian juga menyebutkan minyak ikan bermanfaat menurunkan kadar lemak darah trigliserida, memperlambat pembentukan plak pengerasan pembuluh darah, menurunkan tekanan darah, serta mencegah stroke pada penderita penyakit jantung.

Karena manfaat terbesar minyak ikan berasal dari kandungan antiinflamasi, omega-3, para ahli percaya minyak ikan juga efektif mencegah penyakit akibat inflamasi seperti artritis rematoid, osteoporosis, dan sebagainya.

Manfaat lain minyak ikan yang sudah diketahui adalah menjaga kesehatan mata, menurunkan risiko penolakan setelah pencangkokan jantung dan ginjal, mengurangi gejala depresi, gangguan konsentrasi, penyakit jiwa berat Schizophrenia, atau gangguan bipolar.

Tubuh kita tidak dapat membuat omega-3, karenanya untuk mendapat jumlah yang dibutuhkan kita harus mengasup makanan yang mengandung omega-3 atau suplemen. Selain pada ikan berlemak, omega-3 juga banyak ditemukan pada kacang walnut, minyak canola, zaitun, flaxseed, serta kacang kedelai.

Dibandingkan sumber nabati, omega-3 yang berasal dari hewan tetap yang terbaik. Ini karena minyak ikan memiliki dua jenis asam esensial, yakni eicosapentaenoic acid (EPA) dan docosahexaenoic acid (DHA). Sementara sumber nabati hanya mengandung asam lemak aplha-linolenic acid (ALA). Riset-riset menunjukkan manfaat EPA dan DHA jauh lebih besar daripada ALA.

Meski sumber alami, yakni mengonsumsi ikan langsung, dianggap lebih baik daripada suplemen tetapi sebaiknya Anda mewaspadai kemungkinan ikan tercemar merkuri atau logam berat.

Untuk menyiasatinya, pilihkan ikan berukuran kecil, misalnya sardin yang mengandung toksin lebih sedikit karena mereka berada di bawah rantai makanan. Makin besar ukuran ikan, makin besar pula kemungkinan ia terkontaminasi.

Bila ingin membeli minyak ikan, pilihlah yang berkualitas tinggi dan produknya punya reputasi baik.

Penulis : Lusia Kus Anna | Senin, 19 November 2012 | 11:56 WIB

Posted in Fish Oil, Sehat | Leave a comment

Minyak Flaxseed dan Kanker

Johanna Budwig

Johanna Budwig

Dr. Johanna Budwig, seorang biokimia Jerman berpendapat bahwa orang yang sehat mempunyai kandungan omega 3 yang lebih tinggi dalam darah daripada orang yang sakit. Omega 3 adalah salah satu asam lemak yang sangat diperlukan oleh tubuh. Dia juga berpendapat bahwa diet yang tidak benar adalah salah satu penyebab adanya kanker. Lemak trans memiliki dampak negatif pada membran sel dan merupakan faktor utama perkembangan sel kanker. Juga di jelaskan bahwa penyembuhan secara berkesinambungan efektif memperbaiki sel-selorgan tubuh yang rusak.

Protokol Dr. Johanna Budwig ( Budwig diet) adalah tentang diet anti kanker. Diet yang kaya dengan minyak flaks yang dicampur dengan keju rendah lemak dan susu, sayur, buah dan makanan yang berserat tinggi. Diet yang perlu dihindari adalah gula, lemak hewan, daging, mentega dan margarin. Dia menyebutkan penderita kanker/tumor yang menjalankan diet ini secara berkesinambungan, maka dalam kurun waktu 3 bulan kanker/tumor mengecil bahkan dapat lenyap, mudah lelah dan anemia menghilang, energi kehidupan memulih kembali. Gejala kanker, disfungsi hati dan diabetes mengalami penurunan. Hal yang mengagumkan adalah, penderita akan jauh merasa lebih baik dan sehat.

Formula alami dari Dr. Budwig yaitu mengkonsumsi kombinasi dari dua bahan alami minyak flaxs dan keju rendah lemak telah terbukti sukses tidak hanya menyembuhkan penyakit kanker tetapi juga secara berangsur- angsur dapat menyembuhkan berbagai pemyakit lainnya; arteriosclerosis , stroke , jantung , sakit maag ( menormalkan cairan lambung ) , prostat ( hypertopic ) , arthritis , eksim (semua penyakit kulit ) , dan defisiensi kekebalan tubuh.

Sumber:http://www.cancure.org/

Posted in Flaxseed, Sehat | 1 Comment

Manfaat Minyak Flaxseed

Dua dari penyebab kematian tertinggi adalah sakit jantung dan stroke. Salah satu penyebab dari kedua penyakit tersebut adalah penyempitan pembuluh darah.
Akhir-akhir ini ditemukan sejenis biji-bijian yang bisa membersihkan penyumbatan di pembuluh darah, namanya Flaxseed.

Flaxseed, terdiri dari kata flax (tanaman yang seratnya dijadikan tali atau kain linen) dan seed (biji). Di Indonesia dikenal dengan nama biji rami. Nama latinnya, Linum usitatissimum. Dalam bahasa Yunani, linum artinya tali, dan usitatissimum artinya bermanfaat. Pada mulanya tanaman flax ini dikenal sebagai serat bahan kain linen. Beberapa sumber mengatakan, serat flax pertama kali dipanen pada 3000 SM oleh bangsa Babilonia (Mesir Kuno).

Bila tumbuh di lahan yang cocok, tanaman bertubuh super kurus dan berdaun jarang ini tingginya bisa mencapai 1 – 2 meter. Bunganya cantik, dengan lima mahkota berwarna biru keunguan, kadang disertai semburat merah di bagian tengahnya. Setelah tua, flax menghasilkan buah yang bijinya mirip kuaci dengan ukuran 4 – 7 mm. Biji flax yang kemudian popular dengan nama flaxseed ini memiliki dua varian, warna cokelat dan kuning keemasan, yang sama-sama berkhasiat.

Hippocrates, bapak kedokteran dunia, sudah mengonsumsi dan menulis tentang manfaatnya sejak biji rami ini pada 500 SM, namun khasiat flaxseed baru meroket pada 10 tahun terakhir. Di dunia Barat, minyak flaxseed (flaxseed oil) digunakan untuk mengatasi penyakit yang berhubungan dengan jantung (kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi, dan angina); kesehatan kuku, rambut, dan kulit; mengurangi peradangan pada jaringan (termasuk jerawat); mengatasi nyeri haid dan sindrom pramenopouse, serta gangguan pada saraf otak (termasuk autis, ADHA, dan kerusakan saraf akibat diabetes). Namun Schuyler W. Lininger dalam bukunya, The Natural Pharmacy, mengatakan flaxseed memiliki manfaat utama sebagai obat sembelit.

Kandungan yang terdapat dalam flakseed adalah:
1. Kandungan Omega 3 nabati yang tinggi, lebih tinggi dibandingkan Omega 3 dalam ikan salmon, dimana 15 gram (2 sendok makan) flaxseed memiliki 3.160 mg Omega 3, setara dengan 225 gr Omega 3 dari ikan salmon.
2. Zat Lignan ( anti kanker) dalam 15 gram flaxseed ( sekali minum), setara dengan 30 cangkir brocoli segar.
3. Unsur seratnya juga tinggi
4. Memiliki Phytoestrogen (zat anti aging).

Manfaat Flaxseed terhadap kesehatan tubuh
Meningkatkan kesehatan jantung. Flaxseed yang sangat kaya serat dan asam lemak Omega-3 dapat mencegah pembekuan darah di jantung dan juga dapat menurunkan kolestrol jahat (LDL). Omega 3 terbukti mampu melenturkan pembuluh darah hingga dapat menghindarkan penggunanya dari stroke, serangan jantung, kolestrol dan darah tinggi. (Catatan: serangan stroke atau jantung sering juga disebabkan karena pembuluh darah kita menjadi kaku dan getas).
Meningkatkan kesehatan fungsi otak. Flaxseed meningkatkan daya ingat, memberikan suasana hati yang tenang dan konsentrasi. Lebih dari 20% otak kita terdiri dari zat lemak yang melakukan fungsi penting bagi tubuh. Selaput-selaput lemak yang membungkus sel-sel otak mengandung asam lemak yang berfungsi untuk menyampaikan dan menerima pesan-pesan dari seluruh organ tubuh. Asam lemak Omega-3 merupakan salah satu nutrisi yang sangat penting bagi otak kita agar dapat melakukan tugas sebagai operator tubuh lebih optimal, serta mencerdaskan otak anak.
Mengendalikan kadar gula darah. Flaxseed mengandung 3 komponen yang dapat menurunkan kadar gula darah dan mencegah diabetes yakni serat yang dibutuhkan sehari-hari, lignan dan asam lemak Omega-3. Hasil riset yang dilakukan di Kanada terhadap 6 orang yang sehat menunjukan bahwa setelah memakan roti yang terbuat dari Flaxseed, kadar gula darah menurun 28% dibandingkan dengan memakan roti yang tidak mengandung Flaxseed.
Menurunkan tekanan darah. Kandungan asam lemak Omega-3 yang tinggi dalam Flaxseed melenturkan sistem pembuluh darah sehingga tekanan darah yang tinggi akan turun secara alami, namun tidak secara drastis, yang bisa membuat penderita lemas. Sementara bagi orang yang tekanan darahnya sudah normal, Flaxseed tidak menurunkan tekanan darahnya (dual regulation). Serat flaxseed juga berguna untuk mengikat kolestrol dan membuangnya ke luar tubuh.
Membantu melancarkan pembuangan kotoran dari tubuh. Bagi orang tua maupun orang muda yang banyak mengkonsumsi obat-obatan cenderung sulit membuang air besar. Dalam hal ini serat Flaxseed yang tinggi dapat membantu melancarkan pembuangan/memudahkan BAB, hingga membersihkan usus dari racun dan menghindarkan kanker usus. Dalam sebuah riset yang dilakukan selama 4 minggu terhadap 10 orang muda yang sehat dan diberikan 2 buah muffin (kue) yang mengandung 50 gr Flaxseed, hasilnya menunjukan pergerakan usus besar meningkat 30%.
Membantu meringankan gejala menopause. Dari hasil riset terhadap 25 wanita yang mulai mengalami gejala-gejala menopause dan diberikan Flaxseed 40 gr setiap hari selama 2 bulan terbukti bahwa Flaxseed dapat merupakan sebuah terapi untuk meringankan gejala menopause.
Dapat membantu mencegah osteoporosis. Menurut beberapa ahli riset Oklahoma State University, kandungan hormon phytoestrogens (lignan) dalam Flaxseed membawa efek yang positif untuk tulang bagi wanita yang telah menopause karena lignan tersebut meningkatkan zat antioksidan dalam tubuh. Menurut para ahli, radikal bebas dalam tulang dapat menyebabkan kepadatan tulang berkurang.
Meningkatkan kesehatan ginjal. Dari hasil percobaan klinis, Flaxseed dapat mengurangi peradangan dan meningkatkan fungsi ginjal bagi pasien yang mengalami penyakit SLE (Systematic Lupus Erythematosus). Dalam percobaan klinis, pasien diberikan Flaxseed 15 gr, 30 gr atau 45 gr setiap hari selama 4 minggu.
Meningkatkan kekebalan tubuh terhadap bakteri dan virus. Kandungan Lignan dan Omega-3 dalam Flaxseed berguna untuk meningkatkan kesehatan sel-sel tubuh termasuk zat-zat penting eicosanoids dan cytokines yang notabene berperan dalam mengendalikan dan meningkatkan kekebalan tubuh terhadap rangsangan yang berlebihan, dan beberapa gangguan termasuk rematik arthritis, psoriasis, multi sclerosis dan lupus.
Membantu mencegah perkembangan sel-sel kanker. Flaxseed mengandung tiga unsur pokok yang berperan dalam pencegahan perkembangan sel-sel kanker. Tiga unsur pokok tersebut adalah lignan (anti oxidan), asam lemak Omega-3 dan serat.
Membantu mengatasi kegemukan. Flaxseed dalam bentuk cereal menyebabkan penggunanya tidak cepat lapar, bahkan menyegarkan badan dengan mencukupi kebutuhan nutrisi bagi tubuh.

Flaxseed dapat dikonsumsi secara mentah ataupun dimasak dengan makanan lainnya. Dengan bentuknya yang berupa serpihan halus (setelah diblender kering), Flaxseed sangat mudah dikonsumsi dan tidak mengubah citarasa makanan ataupun minuman yang akan Anda konsumsi.
Untuk tahap awal dianjurkan minum 7,5 gram ( 1 sendok makan) dulu agar tubuh bisa menyesuaikan diri, dan minum air banyakan ( 1 gelas sesudahnya). Caranya 1 sendok flaxseed diseduh dengan air 3/4 gelas dan dibiarkan dulu 5-10 menit agar menjadi lebih lembut. Setelah tubuh mulai menyesuaikan diri dengan flaxseed, jumlahnya bisa dinaikkan menjadi 2 sendok makan (maksimum per hari).
Campurkan bubuk Flaxseed ke dalam makanan atau minuman Anda sehari-hari, seperti pada bubur nasi, nasi, salad, sup, susu/susu kacang, jus buah, yogurt, sereal dan lainnya. Flakseed juga dapat dicampur masakan, kue-kue, roti, pau dll. Dalam jangka waktu 1 – 3 bulan Anda akan dapat merasakan daya nutrisi yang dikandung Flaxseed bagi peningkatan kesehatan Anda.

Posted in Flaxseed, Sehat | Leave a comment