Manfaat Minyak Flaxseed

Dua dari penyebab kematian tertinggi adalah sakit jantung dan stroke. Salah satu penyebab dari kedua penyakit tersebut adalah penyempitan pembuluh darah.
Akhir-akhir ini ditemukan sejenis biji-bijian yang bisa membersihkan penyumbatan di pembuluh darah, namanya Flaxseed.

Flaxseed, terdiri dari kata flax (tanaman yang seratnya dijadikan tali atau kain linen) dan seed (biji). Di Indonesia dikenal dengan nama biji rami. Nama latinnya, Linum usitatissimum. Dalam bahasa Yunani, linum artinya tali, dan usitatissimum artinya bermanfaat. Pada mulanya tanaman flax ini dikenal sebagai serat bahan kain linen. Beberapa sumber mengatakan, serat flax pertama kali dipanen pada 3000 SM oleh bangsa Babilonia (Mesir Kuno).

Bila tumbuh di lahan yang cocok, tanaman bertubuh super kurus dan berdaun jarang ini tingginya bisa mencapai 1 – 2 meter. Bunganya cantik, dengan lima mahkota berwarna biru keunguan, kadang disertai semburat merah di bagian tengahnya. Setelah tua, flax menghasilkan buah yang bijinya mirip kuaci dengan ukuran 4 – 7 mm. Biji flax yang kemudian popular dengan nama flaxseed ini memiliki dua varian, warna cokelat dan kuning keemasan, yang sama-sama berkhasiat.

Hippocrates, bapak kedokteran dunia, sudah mengonsumsi dan menulis tentang manfaatnya sejak biji rami ini pada 500 SM, namun khasiat flaxseed baru meroket pada 10 tahun terakhir. Di dunia Barat, minyak flaxseed (flaxseed oil) digunakan untuk mengatasi penyakit yang berhubungan dengan jantung (kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi, dan angina); kesehatan kuku, rambut, dan kulit; mengurangi peradangan pada jaringan (termasuk jerawat); mengatasi nyeri haid dan sindrom pramenopouse, serta gangguan pada saraf otak (termasuk autis, ADHA, dan kerusakan saraf akibat diabetes). Namun Schuyler W. Lininger dalam bukunya, The Natural Pharmacy, mengatakan flaxseed memiliki manfaat utama sebagai obat sembelit.

Kandungan yang terdapat dalam flakseed adalah:
1. Kandungan Omega 3 nabati yang tinggi, lebih tinggi dibandingkan Omega 3 dalam ikan salmon, dimana 15 gram (2 sendok makan) flaxseed memiliki 3.160 mg Omega 3, setara dengan 225 gr Omega 3 dari ikan salmon.
2. Zat Lignan ( anti kanker) dalam 15 gram flaxseed ( sekali minum), setara dengan 30 cangkir brocoli segar.
3. Unsur seratnya juga tinggi
4. Memiliki Phytoestrogen (zat anti aging).

Manfaat Flaxseed terhadap kesehatan tubuh
Meningkatkan kesehatan jantung. Flaxseed yang sangat kaya serat dan asam lemak Omega-3 dapat mencegah pembekuan darah di jantung dan juga dapat menurunkan kolestrol jahat (LDL). Omega 3 terbukti mampu melenturkan pembuluh darah hingga dapat menghindarkan penggunanya dari stroke, serangan jantung, kolestrol dan darah tinggi. (Catatan: serangan stroke atau jantung sering juga disebabkan karena pembuluh darah kita menjadi kaku dan getas).
Meningkatkan kesehatan fungsi otak. Flaxseed meningkatkan daya ingat, memberikan suasana hati yang tenang dan konsentrasi. Lebih dari 20% otak kita terdiri dari zat lemak yang melakukan fungsi penting bagi tubuh. Selaput-selaput lemak yang membungkus sel-sel otak mengandung asam lemak yang berfungsi untuk menyampaikan dan menerima pesan-pesan dari seluruh organ tubuh. Asam lemak Omega-3 merupakan salah satu nutrisi yang sangat penting bagi otak kita agar dapat melakukan tugas sebagai operator tubuh lebih optimal, serta mencerdaskan otak anak.
Mengendalikan kadar gula darah. Flaxseed mengandung 3 komponen yang dapat menurunkan kadar gula darah dan mencegah diabetes yakni serat yang dibutuhkan sehari-hari, lignan dan asam lemak Omega-3. Hasil riset yang dilakukan di Kanada terhadap 6 orang yang sehat menunjukan bahwa setelah memakan roti yang terbuat dari Flaxseed, kadar gula darah menurun 28% dibandingkan dengan memakan roti yang tidak mengandung Flaxseed.
Menurunkan tekanan darah. Kandungan asam lemak Omega-3 yang tinggi dalam Flaxseed melenturkan sistem pembuluh darah sehingga tekanan darah yang tinggi akan turun secara alami, namun tidak secara drastis, yang bisa membuat penderita lemas. Sementara bagi orang yang tekanan darahnya sudah normal, Flaxseed tidak menurunkan tekanan darahnya (dual regulation). Serat flaxseed juga berguna untuk mengikat kolestrol dan membuangnya ke luar tubuh.
Membantu melancarkan pembuangan kotoran dari tubuh. Bagi orang tua maupun orang muda yang banyak mengkonsumsi obat-obatan cenderung sulit membuang air besar. Dalam hal ini serat Flaxseed yang tinggi dapat membantu melancarkan pembuangan/memudahkan BAB, hingga membersihkan usus dari racun dan menghindarkan kanker usus. Dalam sebuah riset yang dilakukan selama 4 minggu terhadap 10 orang muda yang sehat dan diberikan 2 buah muffin (kue) yang mengandung 50 gr Flaxseed, hasilnya menunjukan pergerakan usus besar meningkat 30%.
Membantu meringankan gejala menopause. Dari hasil riset terhadap 25 wanita yang mulai mengalami gejala-gejala menopause dan diberikan Flaxseed 40 gr setiap hari selama 2 bulan terbukti bahwa Flaxseed dapat merupakan sebuah terapi untuk meringankan gejala menopause.
Dapat membantu mencegah osteoporosis. Menurut beberapa ahli riset Oklahoma State University, kandungan hormon phytoestrogens (lignan) dalam Flaxseed membawa efek yang positif untuk tulang bagi wanita yang telah menopause karena lignan tersebut meningkatkan zat antioksidan dalam tubuh. Menurut para ahli, radikal bebas dalam tulang dapat menyebabkan kepadatan tulang berkurang.
Meningkatkan kesehatan ginjal. Dari hasil percobaan klinis, Flaxseed dapat mengurangi peradangan dan meningkatkan fungsi ginjal bagi pasien yang mengalami penyakit SLE (Systematic Lupus Erythematosus). Dalam percobaan klinis, pasien diberikan Flaxseed 15 gr, 30 gr atau 45 gr setiap hari selama 4 minggu.
Meningkatkan kekebalan tubuh terhadap bakteri dan virus. Kandungan Lignan dan Omega-3 dalam Flaxseed berguna untuk meningkatkan kesehatan sel-sel tubuh termasuk zat-zat penting eicosanoids dan cytokines yang notabene berperan dalam mengendalikan dan meningkatkan kekebalan tubuh terhadap rangsangan yang berlebihan, dan beberapa gangguan termasuk rematik arthritis, psoriasis, multi sclerosis dan lupus.
Membantu mencegah perkembangan sel-sel kanker. Flaxseed mengandung tiga unsur pokok yang berperan dalam pencegahan perkembangan sel-sel kanker. Tiga unsur pokok tersebut adalah lignan (anti oxidan), asam lemak Omega-3 dan serat.
Membantu mengatasi kegemukan. Flaxseed dalam bentuk cereal menyebabkan penggunanya tidak cepat lapar, bahkan menyegarkan badan dengan mencukupi kebutuhan nutrisi bagi tubuh.

Flaxseed dapat dikonsumsi secara mentah ataupun dimasak dengan makanan lainnya. Dengan bentuknya yang berupa serpihan halus (setelah diblender kering), Flaxseed sangat mudah dikonsumsi dan tidak mengubah citarasa makanan ataupun minuman yang akan Anda konsumsi.
Untuk tahap awal dianjurkan minum 7,5 gram ( 1 sendok makan) dulu agar tubuh bisa menyesuaikan diri, dan minum air banyakan ( 1 gelas sesudahnya). Caranya 1 sendok flaxseed diseduh dengan air 3/4 gelas dan dibiarkan dulu 5-10 menit agar menjadi lebih lembut. Setelah tubuh mulai menyesuaikan diri dengan flaxseed, jumlahnya bisa dinaikkan menjadi 2 sendok makan (maksimum per hari).
Campurkan bubuk Flaxseed ke dalam makanan atau minuman Anda sehari-hari, seperti pada bubur nasi, nasi, salad, sup, susu/susu kacang, jus buah, yogurt, sereal dan lainnya. Flakseed juga dapat dicampur masakan, kue-kue, roti, pau dll. Dalam jangka waktu 1 – 3 bulan Anda akan dapat merasakan daya nutrisi yang dikandung Flaxseed bagi peningkatan kesehatan Anda.

Advertisements

About defoindo

Hi, my name is Defo from Indonesia works for Natural Healing and provides the needs of Flaxseed oil and Deep Fish oil which rich of omega 3.
This entry was posted in Flaxseed, Sehat. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s